blog how to, blog trick, blog tips, tutorial blog, blog hack

Statistic Yogie's Blog

Minggu, 24 Oktober 2010

LEMANG TAPAI



Menu tradisional lemang tapai. Lemang Tapai merupakan masakan tradisional Bengkulu selatan. Anda akan dapat menjumpai makanan ini di Kota Manna dan sekitar, terutama di daerah kawasan Masat. Bagi anda yang berminat untuk mencicipi masakan lokal ini dapat segera meluncur ke daerah Masat yang akan menyediakan makanan ini setiap malam kamis,ataupun siang harinya anda dapat membelinya dipasar tradisionalnya.
EeeTTTTTTTTTTTTT…………..
Jangan salah juga makanan ini hamper tersebar diseluruh daerah di Sumatra, misalnya Palembang dan Padang.




Sebelum lebih lanjut saya akan mendiskripsikan dua kata yaitu Lemang dan Tapai. Tentunya bagi sebagian masyarakat makanan lokal ini sudah tidak asing lagi,namun bagi orang-orang yang belum mengenalnya tentu akan bertanya-tanya.

Apa itu Lemang ? Lemang merupakan salah satu menu tradisional yang terbuat dari campuran santan kental dan ketan putih,di sekelilingnya dibungkus daun pisang,yang dimasak di dalam bambu melalui proses pemanggangan. Prosesnya memakan waktu hingga lima jam, untuk memastikan agar ketan dan santan tercampur merata.
Rasanya tentu sangat gurih lantaran dari campuran santan kental dan ketan putih yang dimasak melalui proses pemanggangan.




Lalu apa itu Tapai ? Tapai adalah Sajian atau menu tradisional yang terbuat dari ketan hitam. Nah kalau Tapai bukanla hal asing lagi bagi masyarakat. Ada berbagai macam tapai, tapi Tapai yang di jadikan pasangan untuk menyantap Lemang adalah Tapai ketan hitam. Tapai ketan lebih didominasi rasa asam plus manis yang disumbang dari gula saat pencampuran ragi.

Jika keduanya sudah siap barula dihidangkan untuk di konsumsi. Nah disini saya kasih tau ada dua cara untuk menikmati makan ini,
Pertama, makan dengan cara mencampurkan langsung, diaduk menjadi satu seperti makan kolak. Ketan hitam langsung dicampurkan dengan lemang dan diaduk rata, maka yang menonjol adalah rasa asam dari tapai ketan. Rasa gurih baru akan timbul ketika tiba pada kunyahan ketiga hingga keempat. Pada kunyahan pertama, pasti yang timbul duluan adalah rasa asam.






Kedua, Seperti makan rujak atau saling cocol antara lemang yang diiris menipis dan dicocol dengan ketan hitam. Perpaduan air ketan hitam dan gurihnya lemang memberikan sensasi rasa tersendiri.








Untuk cara membuat lemang tapai dapat dilihat dibawah ini
Cara membuat Lemang
1. Ketan dicuci bersih, lalu campurkan dengan santan kelapa kental
2. Bungkus melingkar bagian dalam bambu menggunakan daun pisang
3. Selanjutnya masukkan campuran ketan dan santan dalam bambu sepanjang 40 sentimeter
4. Panggang bambu beserta ketan tadi di atas api selama 5 jam
5. Jika masak atau ketan lembut, baru angkat dan keluarkan ketan beserta bungkus pisang
6. Ketan siap dikonsumsi.



Cara membuat Tapai ketan
1. Rebus ketan hitam menggunakan air secukupnya.
2. Jika sudah lembut, baru masukkan ragi
3. Simpan ketan hitam dan tutup rapat, minimal dua hari
4. Ketan siap dikonsumsi.




1 komentar:

aqu mengatakan...

i like it..

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Posting Komentar

Follower

Recent comment

 
Software Download Tips Komputer
TheHack3r.com

© Black Newspaper Copyright by CivilStation.COM | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks