blog how to, blog trick, blog tips, tutorial blog, blog hack

Statistic Yogie's Blog

Minggu, 28 Maret 2010

INFRASTRUKTUR

Infrastruktur merupakan roda penggerak pertumbuhan ekonomi. Dari alokasi pembiayaan publik dan swasta, infrastruktur dipandang sebagai lokomotif pembangunan nasional dan daerah. Secara ekonomi makro ketersediaan dari jasa pelayanan infrastruktur mempengaruhi marginal productivity of private capital, sedangkan dalam konteks ekonomi mikro, ketersediaan jasa pelayanan infrastruktur berpengaruh terhadap pengurangan biaya produksi (Kwik Kian Gie, 2002). Infrastruktur juga berpengaruh penting bagi peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan manusia, antara lain dalam peningkatan nilai konsumsi, peningkatan produktivitas tenaga kerja dan akses kepada lapangan kerja, serta peningkatan kemakmuran nyata dan terwujudnya stabilisasi makro ekonomi, yaitu keberlanjutan fiskal, berkembangnya pasar kredit, dan pengaruhnya terhadap pasar tenaga kerja.

Hubungan antara sistem sosial, ekonomi, infrastruktur dan lingkungan alam (Grigg, 1988)

Infrastruktur merujuk pada sistem fisik yang menyediakan transportasi, pengairan, drainase, bangunan-bangunan gedung dan fasilitas publik yang lain yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia dalam lingkup sosial dan ekonomi (Grigg, 1988).

Sistem infrastruktur merupakan pendukung utama fungsi-fungsi sistem sosial dan ekonomi dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Sistem infrastruktur dapat didefinisikan sebagai fasilitas-fasilitas atau struktur-struktur dasar, peralatan-peralatan, instalasi-instalasi yang dibangun dan yang dibutuhkan untuk berfungsinya sistem sosial dan sistem ekonomi masyarakat (Grigg, 2000).

Pemantapan sistem jaringan jalan mendukung pusat-pusat produksi, mendorong investasi dan menciptakan lapangan kerja, mendukung kota sebagai Pusat Pelayanan Jasa Distribusi dan membentuk struktur kota.Pembengunan bendungan untuk mendukung penyediaan listrik guna membantu aktivitas sehari-hari ( kegiatan produksi, penerangan,dan lain-lain.),penyediaan drainase sebagnai sarana pertanian yang meningkatkan produksi pangan yang akan membantu proses pembangunan nasional, dan sebagai sumber pengahasilan bagi penduduk sekitar.Pembangunan bangunan tinggi untuk menciptakan lapangan kerja baru serta menyerap tenaga kerja mulai dari kariawan sampai office boy yang akan mengurangi pengangguran.Bangunan-bangunan tersebut secara keseluruhan mendukung dalam segala aspek kehidupan, seperti ekonomi, sosial dan budaya yang akan membantu pencapaian tujuan pembangunan nasional.

2 komentar:

agen bola mengatakan...

Hopefully this article may be useful to the public a whole is, as well as the the author himself

Distributor Besi Beton Surabaya mengatakan...

Wah, ini nih yang lagi digiatkan oleh pemerintah. Bakal lebih bagus kalo pembangunan infrastruktur ini diimbangi dengan kualitas besi beton SNI ya Gan.

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Posting Komentar

Follower

Recent comment

 
Software Download Tips Komputer
TheHack3r.com

© Black Newspaper Copyright by CivilStation.COM | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks