blog how to, blog trick, blog tips, tutorial blog, blog hack

Statistic Yogie's Blog

Kamis, 17 Februari 2011

JENIS – JENIS ATAP

JENIS – JENIS ATAP

A. Butterfly Roof

Butterfly Roof dibentuk oleh dua Gables berdekatan miring ke dalam ke arah tengah, sehingga mereka mengupayakan untuk menciptakan sebuah lembah pusat. Atap pada bagian luar miring ke atas bukan ke bawah. Desain atap kupu-kupu dimaksudkan untuk menyerupai garis, sudut dan lebar sayap kupu-kupu ketika mereka mengepak dalam gerakan ke atas.


Butterfly Roof pada awalnya dirancang untuk tujuan menangkap curah hujan di lembah tengah atap antara lereng menghadap ke dalam. Hal ini memungkinkan pemiliknya untuk memanfaatkan air untuk keperluan lain seperti tanaman air, toilet pembilasan dan bahkan untuk minum. Desain atap dibuat sehingga air hujan akan segera diusir dari atap saat hujan turun untuk melindungi rumah dari kelembaban, pengumpulan dan kebocoran. Selain manfaat ekologis, atap kupu-kupu memiliki manfaat desain estetika.



B. Gamrel Roof

Atap gambrel adalah atap dua sisi dengan punggungan pusat. Masing-masing pihak memiliki dua permukaan miring. Permukaan atas yang lebih pendek dan memiliki landai sekitar 30 derajat, sedangkan permukaan bawah lebih panjang dan memiliki kemiringan tajam sekitar 60 derajat. Atap gulungan Gambrel dibuat dengan potongan pendek kayu bergabung bersama-sama, bukan potongan-potongan kayu yang sangat panjang. Gambrel Roof sangat mirip dengan atap gudang tua, maka dari itu atap jenis ini sering disebut juga atap gudang. Gambrel Roof digunakan untuk mengoptimalkan fungsi ruangan yaitu untuk memperbesar ruang. Namun, secara estetika atap bentuk Gambrel kurang cantik karena bentuk tersebut biasa digunakan pada bangunan hall atau warehouse (gudang). Gamrel Roof sering digunakan pada lumbung jerami. Atap ini sering digunakan untuk suatu jangka waktu yang panjang di beberapa tempat.

Keuntungan besar dari atap gambrel adalah bahwa hal itu menyediakan permukaan yang sangat tahan terhadap kerusakan dari cuaca. Pada saat yang sama, atap gambrel menyediakan sejumlah besar ruang interior. Karena berat atap didukung oleh gulungan yang mengarahkan tegangan untuk dinding eksterior bangunan, interior dinding menahan beban atau posting tidak diperlukan




C. King and Queen Roof

King and Queen Roof merupakan jenis atap yang paling umum digunakan di Indonesia. King roof ditandai dengan King Post memanjang vertikal dari balok ke puncak rangka segitiga. Sedangkan Queen Roof merupakan Sebuah konstruksi rangka alternatif menggunakan dua Quen Post. Quen Post ini vertikal, di sepanjang dasar balok, didukung oleh sisi miring, untuk mencapai puncak rangka segitiga, kemudian pengembangan menambahkan sebuah balok kerah atas Queen Post, yang kemudian disebut struts ( topangan ).








King Roof








Queen Roof


Sumber :

http://www.jetsongreen.com/modern-architecture/page/80

http://adhiyatma.blogspot.com/2010/10/rangka-atap-kayu-indonesia.html

5 komentar:

Bagus Ajibs mengatakan...

:37

Bagus Ajibs mengatakan...

:12

Yogi Oktopianto mengatakan...

Terima Kasih telah mampir.......

Anonim mengatakan...

Wow_Atap C|ukup Menarik nieh INFO hehe
...Mksih infonya eh kk YOGI..hihihi:30
Moga Bermanfaat..BAGI kita semua(Yg pengen buat rumah HIHIAHAHAHLHIAHAIKAKAKAHIHIAKAKAKAHIAHIHAILHLAIHLALHALHLAHLA
By : CLAN Venom.inc(PB)
Kunjungi situs kami juga...www.cmgeniusnet.blogspot.com ITU PENGINVITAN ANGGOTA YG BERMAIN POINT BLANK...By : Venom_Abdisan(UDH GANTI NICK) jadi VNOM_AlwaysONE
dan sebagian member kami VNOM_Gamers
VNOM_Gire
VNOM_Ploeastrack
kamisering main di PUBLIC 38 server 378 ingat,,,,ITU JGN SEKALI2x mngtakan CLAN kami CHEAT

Unknown mengatakan...

Terema Kasih Telah Mampir disini
semoga bermanfat

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Posting Komentar

Follower

Recent comment

 
Software Download Tips Komputer
TheHack3r.com

© Black Newspaper Copyright by CivilStation.COM | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks