blog how to, blog trick, blog tips, tutorial blog, blog hack

Statistic Yogie's Blog

Selasa, 15 Februari 2011

Kayu balsa

Kayu balsa ( lagopus ochroma )

Kayu balsa……..????????????????

Awal mengenal kayu ini ketika saya akan mengikuti suatu kompetisi jembatan di salah satu perguruan tinggi pada tahun 2011. Bertepatan pula di semester ini mendapatkan mata kuliah struktur kayu. Tapi kayu Balsa tidak dibahas dalam mata kuliah karena kayu Balsa bukanlah kayu struktur.

Nah ………..!!!!!!!!! ini dia sedikit info tentang kayu balsa.

Nama ilmiah untuk kayu balsa adalah lagopus ochroma . Kayu ini memiliki sifat ringan dan lentur, Namun disamping itu Balsa memiliki kekuatan dan ketahanan. Balsa bukan kayu yang paling ringan . Namun, kayu balsa dianggap kayu terkuat menurut beratnya. Ada jenis kayu yang lebih ringan dari kayu Balsa, tetapi tidak memiliki kekuatan seperti Balsa. Balsa juga menyerap goncangan dan getaran dengan baik dan dapat dengan mudah dipotong, dibentuk, dan ditempel dengan perkakas tangan sederhana. Sehingga dapat dibentuk menjadi sebuah miniatur jembatan yang sangat efisien dalam segi berat dan kekuatan. Kayu Balsa adalah kayu unik dari semua jenis kayu lainnya. Sifatnya yang ringan dan lentur membuatnya berharga untuk pembangun miniature jembatan, pemahat kayu, peselancar, dan banyak lainnya. Pada dasarnya kayu balsa telah menjadi bahan baku untuk konstruksi model pesawat.


Pohon Balsa tumbuh secara alami di hutan hujan lembab Amerika Tengah dan Selatan. Kisaran alamnya meluas selatan dari Guatemala, melalui Amerika Tengah, di sebelah utara dan pantai barat Amerika Selatan sejauh Bolivia. Namun, negara kecil Ecquador di pantai barat Amerika Selatan, adalah sumber utama Balsa model pesawat kelas dunia. Balsa membutuhkan iklim yang hangat dengan banyak curah hujan dan drainase yang baik.

Balsa berkembang biak dengan biji, yang akhirnya membuka diri dan, dengan bantuan angin berpencar ribuan bibit baru di wilayah yang besar. Benih akhirnya jatuh ke tanah dan ditutupi oleh daun-daunan hutan. Pohon Balsa tumbuh sangat pesat (seperti semua rumput liar ). Enam bulan setelah perkecambahan, pohon adalah sekitar 1-1/2 inci dan diameter 10 - 12 meter. Dalam 6 sampai 10 tahun pohon siap untuk dipotong.

Rahasia untuk keringanan kayu balsa hanya dapat dilihat dengan mikroskop. Sel-sel yang besar dan berdinding sangat tipis, sehingga rasio padatan untuk membuka ruang yang sekecil mungkin. Hanya sekitar 40% dari volume sepotong balsa zat padat. Kayu Balsa begitu ringan karena memiliki sel besar dengan sel walls. Sangat tipis diisi dengan air saat pohon itu hidup. Ketika pohon yang dipanen dan kering, air menguap, meninggalkan ruang sebagian besar terbuka, yang membuat kayu beratnya kurang.

Kayu Balsa pertama kali tersedia di Amerika Serikat pada akhir tahun 1920. Sejak itu menjadi bahan baku dalam membangun model pesawat karena kekuatannya, berat dan kemampuan untuk menyerap goncangan dan getaran.

Sumber :

http://www.ehow.com/facts_5511000_balsa-wood.html

http://www.ehow.com/about_5367959_interesting-balsa-wood.html

http://www.ehow.com/about_5367959_interesting-balsa-wood.html eHow.com # ixzz1Dq8tLaOa


3 komentar:

TROPICAL WOOD mengatakan...

Artikel yang bagus nih

Yogi Oktopianto mengatakan...

Terima kasih telah mampir di blog ini......

Rosa Kartika Sari mengatakan...

ikut mampir yaaa.
yg butuh bahan kayu balsa untuk apapun, bisa klik kami di http://sibalsa.com/en/,
ditunggu ya.
terimakasih

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Poskan Komentar

Follower

Recent comment

 

bridge

Loading...

Building

Loading...

© Black Newspaper Copyright by CivilStation.COM | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks